Merancang pementasan Teater

Hallo , apa kabar semuanya, semoga dalam keadaan sehat semuanya ya. Dalam pemebelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang merancang pementasan teater.

Desain pementasan adalah tindakan perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang melibatkan langkah-langkah untuk memahami tujuan konseptual, teknis, dan prosedural dari suatu pementasan. 

Teater adalah proses komunikasi atau interaksi antara pertunjukan seni dan penontonnya dan dibangun melalui sistem manajemen, atau manajemen pementasan.
Manajemen adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh manajer seni untuk meningkatkan sumber daya (potensial) yang ada berdasarkan kemampuan manajemen. Tujuan seni yang mengarahkan pertunjukan, termasuk drama adalah untuk mencapai pertunjukan seni yang berkualitas tinggi dan memastikan kesejahteraan beberapa anggota kru yang mendukung pertunjukan di sana. Dalam hal ini, tanggung jawab atas kualitas pertunjukan artistik berada di tangan direktur artistik.

Elemen teater

Pelaku : Aktor, penari, pemusik, pekerja di bidang pementasan seni
Aktivis produksi : Orang atau pendukung non-artistik yang berkontribusi pada keberhasilan pertunjukan
Materi Pementasan : Bentuk pertunjukan teater yang dibangun melalui panggung dengan menggunakan media tertentu adalah kolektif (kolaborasi) dengan wilayah kerja dan tanggung jawab bersama (kolaborasi).
Penonton pertunjukan : Orang-orang yang secara sadar datang untuk melihat pertunjukan sebagai peminat, peminat, dan juri dari teater yang sedang dipentaskan.
Rilis : Upaya untuk menyebarkan informasi atau informasi kepada penonton dengan pementasan aktivis tentang lakon yang dimainkan, waktu dan tempat pementasan.

Teknik Merancang Pementasan Teater

  1. Merencanakan pementasan teater  
  2. Pelaksanaan merancang pementasan teater 
  3. Menyiapkan materi pementasan 

Tahapan Merencanakan Teater 

  1. Rapat Sekolah dan Dewan Pendidikan
  2. Pembentukan Pengurus Inti
  3. Penetapan Naskah Drama
  4. Persiapan Pengurus
  5. Kewajiban dan Tanggung Jawab Pengurus
  6. Persiapan Perencanaan Produksi dan Pertunjukan
  7. Penyusunan Proposal Drama

Struktur Pementasan Teater

1. Pelindung Kegiatan
2. Penasehat Kegiatan
3. Penanggungjawab Kegiatan
4. Pembimbing dan Pendamping
5. Pimpinan Produksi
6. Sutradara
7. Panitia Inti
8. Penata dan Crew Artistik

12 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *